Senin, 17 Mei 2021, WIB

Rabu, 21 Okt 2020, 21:25:00 WIB, 168 View SMK Fatahillah Cileungsi, Kategori : wawasan

[22 Oktober 2020]

 Selamat Hari santri Nasional 

Hari santri adalah hari dimana
untuk memperingati peran besar para Kaum Kiyai dan Santri dalam memperjuang kemaslahan bangsa indonesia, melawan para kolonial dan para bangsa asing bertepatan dengan Resolusi Jihad KH. Hasyim Asy'ari tepat pada tanggal 22 Oktober.

Ketika bicara santri maka tidak terlepas dari yang namanya Pondok Pesantren dan Kiyai. 
Dalam sejarahpun tidak terlepas dari berbagai perjuangan para santri dan pesantren bagaimana dulunya mempertahankan NKRI serta kemakmuran bangsa Indonesia. "Bersama santri damailah Negeri"  kalimat yang sesekali sering  dalam benak kita merupakan bentuk kedaulatan dan perjuangan para santri bagaimana mempertahakan kemaslahan bersama.

Hari santri Nasional selalu diperingati agar supaya menjadi bahan Refleksi bagi pemuda untuk selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas diri para santri guna tetap memperjuangkan intelektualitas kemajuan Bangsa Indonesia. 

Dengan digelarnya hari santri nasional para pemuda dapat membaca dan merefleksikan secara seksama tentang sejarah para Santri dan Kiyai memperjuangkan Bangsa ini. 
Tentunya harus siap pula menghadapi zaman yang akan datang. Yang sudah penuh dengan Era Digital dan Milenial, maka jika tidak tentang dengan keagamaan dan kepesantrenan yang disiapkan tentunya akan tersorot oleh zaman itu sendiri. 

Sebab santri selalu ikut andil dalam mengelaborasi tentang mempertemukan ilmu islam murni  dan ilmu pengetahuan/sains. Mereka juga siap dalam posisi membantu TNI dalam mempertahankan  NKRI.

"Santri adalah murid kiai yang dididik dengan kasih sayang untuk menjadi mukmin yang kuat (yang tidak goyah imannya oleh pergaulan, kepentingan, dan adanya perbedaan)," 
kata Gus Mus  melalui akun media sosialnya, Senin (22/10).

Santri juga adalah kelompok yang mencintai negaranya, sekaligus menghormati guru dan orang tuanya kendati keduanya telah tiada.

"Yang mencintai tanah airnya (tempat dia dilahirkan, menghirup udaranya, dan bersujud di atasnya) dan menghargai tradisi-budaya-nya.  Yang menghormati guru dan orang tua hingga tiada," 
lanjut Gus Mus.

Seorang santri, lanjut Gus Mus adalah kelompok orang yang memiliki kasih sayang pada sesama manusia dan pandai bersyukur.

"Yang menyayangi sesama hamba Allah; yang mencintai ilmu dan tidak pernah berhenti belajar (minal mahdi ilãl lahdi); Yang menganggap agama sebagai anugerah dan sebagai wasilah mendapat ridha tuhannya. Santri ialah hamba yang bersyuku," kata Gus Mus.

Hal itu diungkapkan Gus Mus dalam rangka merayakan Hari Santri yang jatuh pada setiap tanggal 22 Oktober. Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri secara nasional telah ditetapkan sejak tiga tahun lalu pada 2015 oleh Presiden Jokowi melalui dorongan dari kalangan Nahdlatul Ulama. (Ahmad Rozali)

“Yang menyayangi sesama hamba Allah, yang mencintai ilmu dan tidak pernah berhenti belajar ,Yang menganggap agama sebagai anugerah dan sebagai wasilah mendapat ridha tuhannya. Santri ialah hamba yang bersyukur.”

#SelamatHariSantri
#IpiSmkFatahillah
#SantriKuatIndonesiaHebat
#SmkFatahillahCileungsi



Rabu, 21 Okt 2020 Hari Santri Nasional

Tuliskan Komentar